Diabetes dan Stroke, Kondisi Tata Dado Menurun Drastis




Tata Dado (Lovelytoday.com)




Tata Dado (Lovelytoday.com)



VIVAlife - Lama tak terdengar kabarnya, mendadak Tata Dado dikabarkan menurun kondisinya. Penyakit diabetes dan gejala stroke yang menyerangnya beberapa bulan belakangan ini membuat komedian Lenong Rumpi ini harus menjalani perawatan intensif.

Rudi salah satu anggota keluarga menuturkan kondisi Tata Dado sempat menurun drastis. "Cuma bisa berbaring di tempat tidur. Penyakitnya diabetes, kadar gulanya sangat tinggi, namun dianya super cuek. Dan hipertensi tapi dianya nggak tahu juga, sekarang nge-drop bangetlah," ujar Rudi kepada VIVAlife, Senin 11 Maret 2013.


Sebelumnya, kata Rudi, Tata Dado sempat mendapat perawatan khusus dari sebuah rumah sakit dan beberapa terapi. Hal tersebut keluarga lakukan karena melihat kondisi Tata Dado yang sangat memprihatinkan.


"Sebelumnya udah pernah dibawa ke rumah sakit. Selama 3 bulan, masuk ICU beberapa bulan. Tapi habis itu bisa pulang, bisa bangun, duduk di kursi roda," ujar Rudi.


Soal asupan makanan, diakui Rudi, Tata harus melalui infus yang disarankan dokter selama dirawat di rumahnya. "Diinfus dan makannya pakai selang. Jadi makanannya diblender. Juga susu diabetasol," ujar Rudi.


Selama perawatan Tata Dado di rumah sakit diakui Rudi biaya yang dikeluarkan pihak keluarga tidak sedikit. Bahkan untuk menebus biaya tersebut, pihak keluarga menjual beberapa barang milik Tata Dado.


"Bukan menjual semua sih. Hanya barang-barang tertentu. Seperti kristal koleksinya, trus kostum juga masih disewain. Rencananya kostum akan dijual juga," ujar Rudi.