Perjuangan Gilang Ramadan Hadapi Sakit Liver




Gilang Ramadhan (Vivanews/Fajar Sodiq (Solo))




Gilang Ramadhan (Vivanews/Fajar Sodiq (Solo))



VIVAlife - Drummer kawakan Gilang Ramadhan sempat vakum dari panggung musik tanah air. Pasalnya Gilang harus berjuang dengan penyakit Liver yang menyerangnya sejak bulan Desember 2012.


Diakui suami Shannaz Haque ini, sakit yang dideritanya itu sempat membuat keluarga besarnya khawatir. "Saya dirawat di rumah sakit selama 12 hari pada bulan Desember lalu. Setelah itu saya harus menjalani proses penyembuhan di rumah selama dua bulan," ujar Gilang kepada VIVAlife, Kamis 7 Maret 2013.


Sebelum menjalani perawatan intensif di rumah sakit Premier Bintaro, Gilang mengaku sudah mengalami sejumlah tanda-tanda sakit tersebut. Katanya, saat bangun tidur, matanya kuning, pucat dan urine-nya berwarna seperti air teh.


"Saya langsung bilang istri saya, kemudian ke dokter. Dan waktu itu juga dokter bilang harus opname," tuturnya.


Gilang juga menuturkan saat menjalani masa perawatan membuat dirinya bingung. Pasalnya Gilang diharuskan istirahat total dan dijauhkan dari segala aktivitasnya dalam bermusik.


"Padahal biasanya, sehari itu menghabiskan waktu 8-10 jam bermain drum. Kalau sekarang, habis sakit ini ya main drumnya sekuatnya saja," ucapnya.


Bagi Gilang Ramadan, penyakit lever yang dideritanya menjadi pelajaran bagi dirinya untuk hidup sehat teratur. Disarankan dokter yang pernah merawatnya, Gilang tidak diperbolehkan telat makan dan capek-capek.


"Mungkin ini pelajaran bagi saya di umur 50 untuk hidup sehat teratur," ujarnya. (eh)