Once Mekel Tak Malu Lipsync




Elfonda Mekel atau Once (Winda Yanti)




Elfonda Mekel atau Once (Winda Yanti)



VIVAlife- Menjadi penyanyi, Elfonda Mekel atau akrab disapa Once, selalu tampil maksimal di atas panggung.

Namun, siapa sangka, penyanyi senior sekelas Once pernah melakukan lipsync (lips syncronize). Hal itu diakuinya tanpa malu-malu. Dan menurut Once, lipsync terkadang terpaksa dilakukan, jika memang situasi yang buruk menuntutnya melakukan hal itu.


"Kalau terdesak, tidak ada pilihan lain. Apalagi, sound-nya juga buruk, nggak bisa dijamin outputnya, ya biasanya untuk kepentingan promosi, sehingga audience bisa nikmati lagu dengan bentuk yang bagus," ujarnya saat ditemui di FX Sudirman, Jakarta, Rabu 3 April 2013.


Ketika ia masih berada di grup band Dewa, Once pun tak memungkiri jika pernah melakukan hal itu. Namun, Once mengaku tetap merasa tidak nyaman, ia lebih suka tampil live di depan penonton.


"Minus one atau lipsync pernah juga, tapi lupa. Nggak pantang sih, tapi memang, saya merasa kurang cocok saja. Kalau lipsync memang membohongi. Dan saya merasa nggak nyaman saja," tuturnya.


Meski merasa tak nyaman, Once menyatakan, untuk bernyanyi secara lipsync sebenarnya tak peru malu, karena banyak yang melakukan itu sejak dulu.


"Sebenernya nggak perlu malu-malu banget. Itu sebenarnya bukan aib banget. Dari dulu, dilakukan kok," katanya.


Sejak zaman The Beatles, lanjut Once, juga pernah melakukan itu di panggung saat konser. "Itu memang memalukan, nggak asyik ya, nggak ada valuenya," ungkapnya.


Untungya, selama ini Once belum pernah melakukan kesalahan yang fatal ketika lipsync. "Jarang sih, yang sering terjadi itu nggak tepat saja. Itu nggak enak dilihat, itu yang bikin lipsync nggak pas, nggak enak dilihat. Jadi harus dipelajari supaya enak dilihat. Sebenarnya kalau untuk promosi harus dipelajari," katanya. (adi)