Belajar Tari Bali, Indah Dewi Pertiwi Diberi Gelar "Ratna Ningrum"




Indah Dewi Pertiwi (VIVAnews/Muhamad Solihin)




Indah Dewi Pertiwi (VIVAnews/Muhamad Solihin)



VIVAlife--Penyanyi Indah Dewi Pertiwi menjanjikan penampilan berbeda dalam suatu acara penghargaan di salah satu stasiun televisi swasta. Karena penghargaan itu mengangkat orang-orang inspiratif di Indonesia, penyanyi yang akrab disapa IDP itu akan menampilkan sesuatu yang bertema Indonesia.

Pelantun 'Gerakkan Badanmu' itu nantinya akan menampilkan gerakan tarian legong khas Bali. Tak tanggung-tanggung, IDP belajar langsung dari maestronya di Bali.


"Aku sudah ke Bali belajar tarian legong langsung dari maestro legong. Aku sendiri yang menari," ucapnya saat ditemui di kawasan Senayan City, Jakarta, Kamis 16 Mei 2013.


Menarikan tarian khas Pulau Dewata bukanlah hal yang mudah. Gadis berusia 21 tahun itu mengaku cukup kesulitan mempelajari gerakan tarian tersebut.


"Pasti ada sulit, aku harus giat. Harus ekstra agar hasilnya maksimal. Luar biasa tantangannya. Apalagi matanya yang harus keluar-keluar gitu, susah," katanya.


Dengan membawakan tarian legong, IDP menyatakan sedikit banyak itu adalah bentuk kontribusi dirinya terhadap pelestarian kebudayaan Indonesia.


IDP bahkan mendapat gelar dari maestro penari Bali ketika ia berlatih. "Aku minta izin ke penari legong aslinya. Dan aku dikasih gelar juga. Sebagai Ratna Ningrum. Gelarnya dikasih orang satu-satunya yang tersisa masih hidup. Beliau yang bisa memberikan gelar itu," ujarnya.


"Pasti berbeda, untuk mengangkat kebudayaan Bali. Aku di sini sebagai seorang entertainer, aku lebih melestarikan kebudayaannya saja. Aku juga nggak mau negara lain mengaku-ngaku budaya kita adalah budaya mereka. Sebelum mereka mengakui, kita harus melestarikannya," Indah melanjutkan.