Alasan Fenita dan Ari Untung Tak Mudik Tahun Ini




Keluarga Arie Untung (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)




Keluarga Arie Untung (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)



VIVAlife - Biasanya tiap tahun pasangan suami-istri Arie Untung dan Fenita Arie bergantian untuk mudik atau pulang kampung ke masing-masing tempat asalnya. Seperti Fenita di Palembang dan Arie di Tegal, namun untuk tahun ini mereka menyatakan tidak akan mudik.

Menurut Fenita, rumah orangtuanya di Palembang sedang direnovasi. Sehingga, ia memboyong keluarganya untuk tinggal di Jakarta selama libur lebaran.


"Biasanya ganti-gantian di Jakarta apa ke Palembang. Tahun ini di Jakarta, kebetulan rumah di Palembang lagi direnovasi, jadi ke Jakarta semua. Keluarga diboyong ke Jakarta," ujarnya saat berbincang dengan VIVAlife di kediamannya kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan.


Ada tradisi yang selalu dijalankan ketika lebaran tiba, yang baru diketahui Fenita sejak menikah dengan Arie, 8 tahun lalu. Ia mengaku baru mengetahui tradisi sungkeman khas Jawa. Usai salat Ied di keluarga Jawa biasanya melakukan sungkeman kepada kakek, nenek, orangtua juga saudara-saudara.


"Aku baru tahu kalau Lebaran ada sungkeman, waktu nikah sama Mas Arie. Abis salat Ied, maaf-maafan, momen sekali setahun," tuturnya sambil tertawa.


Arie pun menimpali ketika sungkeman dengan orangtuanya, sang istri tak bisa berbicara dengan jelas. Karena terlalu sedih dan menangis. "Sungkeman itu ada urutan panjang, abis sungkem, duduk lagi, berurutan. Jadi tambah panjang yang mau disalamin," tambah bapak dua anak itu.


Selain sungkeman, tradisi yang tak pernah terlewat adalah bagi-bagi uang untuk saudara atau keponakan yang masih kecil. Termasuk kepada kedua anak mereka, Misbareta Fathir Gavin Daffa dan Misbareta Aisyah Mikhaila.


Untuk kedua anaknya, Fenita dan Arie sudah menyiapkan hadiah khusus yang ternyata sudah dipilih oleh Gavin dan Khalia sendiri.


"Anak pasti dikasih. Dia (Khaila) ikutan puasa ada reward sendiri. Mereka udah tahu ada hadiah buat mereka. Barangnya dari awal ada perjanjian, mereka udah milih, aku mau yang ini. Dia (Gavin) juga udah browsing-browsing mau apa," ungkap Fenita. (umi)