Berbekal Piano, Gadis 11 Tahun "Taklukkan" Malaysia




Natalia Tandiono (Dokumentasi Pribadi)




Natalia Tandiono (Dokumentasi Pribadi)



VIVAlife- Dalam usianya yang baru 10 tahun, Natalia Liviani Tandiono sudah mengukir banyak prestasi. Paling baru, musisi cilik asal Surabaya ini, baru saja memperoleh Platinum Award Piano Kategori 5-6 pada M.K Joy Works Recital Festival yang digelar di Malaysia pada pertengahan November silam.

Memperoleh penghargaan tertinggi tersebut jelas merupakan sebuah kebanggaan untuk Natalia. Bocah kelahiran 18 Desember 2002 ini memang mempersiapkan betul penampilannya di lomba tersebut.


Lewat Repetoir Invention in B Flat-Bach, Sonatina-Clementi, serta Nocturne in C-Chopin yang dimainkannya, Natalia berhasil memukau juri yang beranggotakan Dr. Nicholas Ong, Dr. Kim Bo Kyung, serta Sow Mun.


"Aku sih mainnya lepas saja, serius pasti. Tapi nggak sangka sampai dapat Platinum Award," kisah Natalia yang merupakan anak keempat dari pasangan Iwan Tandiono dan Ifiwati Wibowo ini.


Kemenangan yang diperoleh Natalia di Malaysia ini sesungguhnya bukan kali pertama. Pasalnya, pelajar Merlion International School Surabaya ini memang langganan gelar juara. Bahkan, di tahun 2011 Natalia pernah meraih 2nd Winner Piano pada American Protege dedicated for F. Lizst di New York, USA, dan Winner Concert di Weill Resital Carnegie Hall, New York.


"Aku memang senang ikut lomba musik. Selain untuk menambah jam terbang, juga untuk mengasah kemampuan. Apalagi, pada dasarnya setiap lomba adalah pemanasan untuk lomba berikutnya," jelas personil girl band Tiga Bidadari MURI ini.


Diusianya yang masih tergolong anak-anak, Natalia memang punya bakat bermusik yang luar biasa. Maklum saja, sejak usia lima tahun, Natalia sudah mengenal piano, dan kemudian belajar Cello dan Biola pada usia 6,5 tahun. Tak heran, di saat baru berusia 8 tahun, Natalia sudah mampu menggelar recital tunggal piano.


"Walau anak bungsu dan tergolong manja dan cuek, Lia cepat menangkap pelajaran, juga menghafal not," jelas Ifiwati Wibowo, sang bunda yang sukses membesarkan keempat anak perempuannya sebagai musisi klasik.


Mempelajari musik klasik sejak masih anak-anak, tak membuat Natalia melulu menjadi sosok yang begitu serius, seperti saat tengah memainkan piano, cello atau biolanya. Bocah yang tengah beranjak remaja ini tetap melek dengan tren masa kini. Natalia bahkan juga menggemari musik korea, dan girlband SNSD menjadi idolanya.