Jupiter: Soal Kejahatan Seks kepada Anak, Media Punya Tanggung Jawab




Aktor Jupiter mengatakan media punya peran penting mencegah kekerasan seksual pada anak. (VIVAnews/Muhamad Solihin)




Aktor Jupiter mengatakan media punya peran penting mencegah kekerasan seksual pada anak. (VIVAnews/Muhamad Solihin)



VIVAlife – Aktor Jupiter dan Alline dari komunitas Kampung Keluarga, angkat bicara soal peran media terhadap moral masyarakat. Menurut mereka, kejahatan seksual yang terjadi pada anak-anak Indonesia tidak terlepas dari peran media terhadap tayangan-tayangan yang disuguhkan.


Alline berpendapat bahwa salah satu penyebab para pelaku melakukan kejahatan seksual mungkin efek dari tontonan yang mereka sejak kecil.


“Faktor penyebab yang kita lupa mencegahnya, pelaku-pelakunya mungkin sejak kecil sudah diberikan tontonan yang tidak semestinya. Mereka dibesarkan dengan pornografi sejak usia yang sangat dini. Efek yang seperti itu menurut kami, media turut bertanggung jawab terhadap apa yang terjadi saat ini,” kata Alline, Senin, 5 Mei 2014 di gedung KPAI Jakarta.


Selanjutnya, Jupiter yang pernah menjadi korban kejahatan seksual oleh pengasuhnya saat kecil, menilai, produser-produser dalam film Indonesia yang bertema horor hampir semuanya menyuguhkan atau menyelipkan adegan seks di dalamnya yang sebenarnya tidak ada kaitannya dengan jalan cerita.


“Saya sangat menyesal dan merasa kasihan terhadap perfilman Indonesia. Seharusnya ada sesuatu bermanfaat yang dapat diangkat. Lewat media sebenarnya mudah sekali, karena anak-anak itu senang menonton,” ujar Jupiter.


Jupiter menambahkan, sebaiknya masyarakat tidak hanya bergerak mengadakan demo atau pertemuan, namun membuat suatu karya yang dapat mengubah atmosfer Indonesia melalui dunia hiburan. Agar masyarakat bisa lebih terdidik dalam membentuk moral generasi selanjutnya. (one)