Klaim Bisa Lihat Hantu Demi Hindari Wamil, Artis Korea Dibui

Dia dianggap berbohong meski ada keterangan dokter.

VIVA.co.id - Korea Selatan merupakan salah satu negara yang mewajibkan warganya mengikuti pelatihan militer. Para pria di Negeri Ginseng tersebut diharuskan mengikuti wajib militer selama dua tahun. Hal ini juga berlaku bagi para selebritas pria di sana.

Namun, ada saja alasan yang dipakai oleh para seleb ini untuk menghindari wajib militer atau disebut wamil ini. Salah satunya adalah penyanyi yang juga anggota grup hip hop Old Time, Kim Woo Joo.

Ia dianggap sengaja menghindari wamil dengan alasan memiliki sakit mental. Pada 28 April 2015, Hakim Jo Jung Rae dari Pengadilan Distrik Pusat Seoul menjatuhkan hukuman satu tahun penjara bagi Kim Woo Joo.

"Dia menipu dengan tujuan menghindari atau mengurangi layanan wajib militar," ujar Hakim Jong Jung Rae seperti dilansir laman Soompi.

Sebelumnya, Kim Woo Joo mengklaim bahwa ia bisa melihat hantu sejak delapan tahun lalu. Saat melihat hantu, Kim Woo Joo mengaku langsung pingsan karena syok dan kemudian dibawa ke ruang gawat darurat.

Dokter mendiagnosis Kim Woo Joo dengan gejala halusinasi visual, halusinasi pendengaran, serta insomnia. Dokter juga mengeluarkan sertifikat kesehatan yang mengklaim bahwa Kim Woo Joo membutuhkan setidaknya satu tahun perawatan psikiatris.

Meski demikian, hasil penelusuran yang dilakukan pihak berwenang mengungkap bahwa sang penyanyi telah berbohong.