Tika Bisono Diskualifikasi Juara 3 Ajang Cipta Lagu Anak 2013




Tika Bisono dalam acara Acila (Dokumentasi Pribadi)




Tika Bisono dalam acara Acila (Dokumentasi Pribadi)



VIVAlife - Penggagas Ajang Cipta Lagu Anak (Acila) 2013, Tika Bisono, akhirnya mendiskualifikasi juara ketiga pada ajang tersebut. Juara ketiga, lagu karya Chossy Pratama, berjudul "Indonesia Jangan Menangis," dinilai tidak memenuhi syarat dalam ajang Acila kali ini.

Tika geram karena lagu tersebut ternyata sudah pernah dipublikasikan pada 2006. Tika menilai Chossy tidak mematuhi dan mengikuti aturan dalam Acila 2013.


"Harus lagu baru dan belum dipublikasikan sebelumnya. Itu jadi pertimbangan kami akhirnya harus membatalkan Chossy menjadi juara tiga," ujar Tika Bisono kepada VIVAlife, Selasa 30 Juli 2013.


Tika pun memberi kesempatan kepada pihak Chossy untuk mengklarifikasi atas kekeliruannya itu. Tika pun meminta Chossy dapat menerima hasil keputusan para dewan juri dengan lapang dada.


"Kejadian ini memang bukan merupakan sebuah kesengajaan yang dilakukan oleh si pencipta lagu. Tetapi, karena kurangnya pemahaman dan pendalaman terhadap semua persyaratan kepesertaan yang ada. Dia akan beri keterangan soal lagu itu. Permintaan maaf juga harus disertakan," tegasnya.


Sementara itu, perwakilan pihak Chossy Pratama, Budi, mengaku sudah memberitahukan soal pendiskualifikasian tersebut kepada publik. Budi berharap Chossy Pratama legowo akan keputusan dewan juri.


"Maaf atas kekeliruan ini. Semua ada pembelajaran dari kejadian ini," ujarnya.


Kejadian itu akan dijadikan ajang pembelajaran bagi Acila untuk lebih teliti ke depannya. Meski menurut Tika, hal itu bisa terjadi karena ada faktor yang timbul dari pencipta lagunya sendiri.


"Pencipta lagu bisa memantau sendiri lagu ciptaannya. Jangan sampai tidak di-monitoring hingga ada kekeliruan seperti itu," ujarnya.


Ajang Acila 2013 ini adalah tayangan hasil kerja sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama sejumlah penyelenggara seperti PT Tibis Sinergi serta Musiclive Magazine.


Dengan pencopotan Chossy bukan sebagai juara ketiga itu otomatis membuat urutan keempat naik menggantikannya, yakni lagu berjudul "Raih Masa Depan" karya Jamest. Sementara itu, juara pertama dan keduanya disabet oleh "Kita Sahabat" karya Eka Gusti dan "Cinta Bunda" karya Hamid Alatas. (art)