Lelah Latihan Drama Musikal, Dewi Gita Hilang Suara




Dewi Gita (Heryu Nandiasa/ VIVAlife)




Dewi Gita (Heryu Nandiasa/ VIVAlife)



VIVAlife - Totalitas penyanyi Dewi Gita dalam pekerjaannya memang patut diacungi jempol. Meski sedang sakit dan suaranya hilang, istri dari Armand Maulana itu tetap menjalani sesi latihan bersama untuk drama musikal Siti Nurbaya.

Namun, ia juga mengaku kapok karena terus menerima pekerjaan yang mengharuskan menggunakan suaranya.


"Aku ini suara hilang karena 3 minggu ke belakang, syuting striping, nyanyi off air, akhirnya suara hilang. Kapok deh, bilang manajer jangan gini lagi terima kerjaan," ujarnya seraya tersenyum ditemui di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan.


"Karena sudah kontrak, inginnya istirahat, kalau masih kuat, panitia maklum, ya terus saja jalan. Yang tadinya nada dasar di F, diturunin 2 untuk mengantisipasi."


Lantaran takut kondisi kesehatannya makin drop, setiap kali merasa capek, Dewi pun selalu mengkonsumsi vitamin dan beristirahat. Ia khawatir, jika dibiarkan, kualitas suaranya tak sempurna.


Ibu satu anak itu pun sudah memiliki cara ampuh untuk mengatasi gangguan pada suara dan tenggorokannya. Dewi memutuskan untuk tidak minum obat. Ia lebih lebih memilih menggunakan tumbuhan herbal tradisional.


Kencur, diakuinya, menjadi salah satu tanaman herbal yang ia konsumsi untuk memperbaiki kualitas suaranya.


"Saya kemana-mana bawa kencur, camilannya kencur. Batuk dikit nggak minum obat, tapi kadang lemon kasih kecap. Kencur dibakar, kasih apu, dimakan, ada ritualnya. Itu belajar dari sinden zaman dulu," katanya.


Selain itu, ia juga berusaha untuk menghindari makanan seperti gorengan, cokelat, atau minuman yang dingin untuk menjaga vitalitas suaranya.


"Istirahat gitu, nggak boleh gorengan, cokelat, dingin. Cuma gampang-gampang susah ya kita senang banget gorengan, tahu, tempe, ayam semua digoreng. Untuk nggak minum air dingin di Jakarta juga susah," katanya. (eh)