Sherina Berduet dengan Vidi dan Afgan di Album 'Tuna'




Dua penyanyi muda bersuara merdu, Afgan dan Vidi Aldiano (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)




Dua penyanyi muda bersuara merdu, Afgan dan Vidi Aldiano (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)



VIVAnews - Sherina Munaf banyak mendapat bantuan musisi lain dalam menggarap album terbarunya, 'Tuna'. Untuk pertama kalinya, ia berduet di albumnya sendiri.


Dari delapan lagu ciptaannya di album itu, ada dua yang dinyanyikan secara duet. Dalam lagu 'Demi Kamu dan Aku,' Sherina berduet dengan Afgansyah Reza. Lagu itu pun merupakan hasil karya mereka berdua.


Lagu ini mengisahkan sepasang kekasih yang tengah berkonflik. Liriknya bercerita soal perempuan yang kurang perhatian terhadap kekasihnya. Menurut Sherina, vokal Afgan sangat 'seksi' di lagu itu.


Sherina juga menggaet penyanyi Vidi Aldiano untuk berkolaborasi dengannya di lagu 'Apakah Ku Jatuh Cinta.' Dalam konferensi pers di kawasan SCBD Sudirman, Jumat, 5 Juli 2013 Sherina mengaku sengaja membuka ruang lebar bagi Vidi untuk memberi masukan soal nada maupun lirik lagu itu. Lagu itu mengisahkan perasaan cinta yang datang tanpa disadari.


Sherina menjelaskan, Afgan dan Vidi memiliki kemampuan musik yang sangat keren. Itulah yang membuatnya tertarik berduet dengan mereka. Kebetulan, ketiga juga satu label musik.


"Mereka banyak ide konyol. Menyenangkan sekali bekerja dengan mereka," komentarnya. Saat Sherina tengah bosan, misalnya, Vidi dan Afgan bisa mengembalikan mood-nya. "Aku jadi ikut passion mereka," lanjut Sherina.


Sayang, ia mengaku lupa saat diminta mengungkapkan ide-ide konyol apa yang muncul ketika mereka menggarap lagu bersama. Yang jelas, ia meyakinkan dirinya takkan bisa menahan tawa jika kemungkinan sepanggung dengan dua partner duetnya itu nanti.



Vakum tiga tahun


Album Tuna dirilis saat industri musik akan diramaikan album atau single religi karena menjelang Ramadhan. Album bertema cinta ini lahir setelah tiga tahun Sherina tak menelurkan karya.


Album terakhir yang dirilisnya adalah Gemini di tahun 2009. Setahun setelahnya ia habiskan untuk promo album. Tiga tahunnya lagi, ia banyak beriklan untuk produk endorsement.


Ada yang berbeda di album barunya kali ini. Kalau di album pertama Sherina menuangkan amarah dan di album kedua menampilkan suasana nge-band, album ketiga ini ia menapaki fase yang lebih tenang.


Terdapat delapan lagu dengan tema cinta yang dimuat dalam album 'Tuna'. Namun, cinta yang dimaksud Sherina sangat logis dan luas. "Ini wacana cinta dari saya. Takaran cinta yang konsisten, ingin membuat semua masuk akal."


Tema itu sengaja dipilih, karena cinta sangat fleksibel saat dibedah. Ia sendiri banyak terinspirasi dari pengalaman sehari-hari, termasuk komik Naruto.


Nama 'Tuna' memang unik untuk sebuah album. Pelantun 'Sebelum Selamanya' itu mengambilnya dari sebuah proyek idealisnya untuk YouTube. Ia berencana, tiap minggu akan meng-upload satu lagi di YouTube untuk kepentingan penggemar. Proyek itu akan dinamainya Tuna, Tunes from Sherina. "Tapi aku sadar dengan kesibukan aku yang nggak mungkin konsisten setiap minggu meng-upload," ujarnya menerangkan.


Karena sayang nama 'Tuna' tak terpakai, akhirnya ia menggunakannya sebagai judul album. Selain itu, nama Tuna juga merepresentasikan 8 lagu di album yang akan dijual Rp75 ribu itu. "Judulnya terasa spesial, lucu, dan ringan," katanya. Album itu juga akan dibuat versi eksklusifnya, dan dijual seharga Rp150 ribu. Harga itu cukup memuaskan karena penggemar bakal dapat CD dan DVD-nya. (umi)