Vakum Tiga Tahun, Sherina Luncurkan Album




Sherina Munaf (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)




Sherina Munaf (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)



VIVAlife - Di tengah menjamurnya single atau album religi menjelang Ramadhan, Sherina justru meluncurkan album bertema cinta. Album yang diberi judul 'Tuna' itu muncul setelah tiga tahun Sherina tak menelurkan karya.


Album terakhir yang dirilisnya adalah Gemini di tahun 2009. Setahun setelahnya ia habiskan untuk promo album. Tiga tahunnya lagi, ia banyak beriklan untuk produk endorsement.


Ada yang berbeda di album barunya kali ini. Kalau di album pertama Sherina menuangkan amarah dan di album kedua menampilkan suasana nge-band, album ketiga ini ia menapaki fase yang lebih tenang. Dalam konferensi pers di kawasan SCBD Sudirman, Jumat, 5 Juli 2013, ia menjelaskan, mendengarkan lagu tenang sangat diperlukan saat menyetir di jalanan Jakarta yang macet.


"Terpikirlah konsep unplug atau akustik," ujarnya.


Terdapat delapan lagu yang dimuat dalam album Tuna. Semuanya bertema cinta. Namun, cinta yang dimaksud Sherina sangat logis dan luas. Tema itu sengaja dipilih, karena cinta sangat fleksibel saat dibedah.


Ia sendiri banyak terinspirasi dari pengalaman sehari-hari, termasuk komik Naruto. Sherina mengakui, ia sebenarnya paling anti bicara cinta. "Ini wacana cinta dari saya. Takaran cinta yang konsisten, ingin membuat semua masuk akal," katanya.


Nama 'Tuna' memang unik untuk sebuah album. Pelantun "Sebelum Selamanya" itu mengambilnya dari sebuah proyek idealisnya untuk YouTube. Ia berencana, tiap minggu akan meng-upload satu video di YouTube untuk kepentingan penggemar. Proyek itu akan dinamainya Tuna, Tunes from Sherina.


"Tapi aku sadar dengan kesibukan aku yang nggak mungkin konsisten setiap minggu meng-upload," ujarnya menerangkan.


Karena sayang nama Tuna tak terpakai, akhirnya ia menggunakannya sebagai judul album. Selain itu, nama Tuna juga merepresentasikan 8 lagu di album yang akan dijual Rp75 ribu itu. "Judulnya terasa spesial, lucu, dan ringan," katanya.


Album itu juga akan dibuat versi eksklusifnya, dan dijual seharga Rp150 ribu. Harga itu cukup memuaskan karena penggemar bakal dapat CD dan DVD-nya.