Sembuh dari Sakit, Waldjinah Siap Nyanyi di Belanda




Waldjinah (VIVAlife.Fajar Sodiq)




Waldjinah (VIVAlife.Fajar Sodiq)



VIVAlife- Setelah sempat beberapakali dirawat di rumah sakit, kini, penyanyi keroncong legendaris, Waldjinah kembali melakoni kegiatan bermusiknya. Pada 19 Mei 2013 mendatang, Waldjinah akan ambil bagian dalam Pasar Malam Festival Tong Tong di Belanda.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Waldjinah. Ia, akan berada di Belanda selama kurang lebih 12 hari. Dan, ada sekitar 10 orang dari Indonesia yang akan terbang ke negara Kincir Angin itu.


"Ada sekitar 10 orang yang berangkat, saya dan personel Orkes Keroncong Bintang Surakarta. Pihak festival mengubungi saya sejak dua bulan yang lalu, " ucap Waldjinah kepada VIVAlife.


Rencananya, Waldjinah akan menyanyikan beberapa lagu hits yang menjadikannya sebagai ikon "Ratu Keroncong". "Mereka meminta saya untuk nyanyi Walang Kekek, Jangkrik Genggong. Selain itu beberapa tradisional seperti, Poco Poco, Ayo Mama yang akan diaransemen dengan langgam keroncong, " ungkapnya.


Bukan hanya nyanyi saja, Waldjinah bakal memberikan pelatihan menyanyi keroncong kepada para audience. "Nanti saya melatih bagaimana menyanyi keroncong dengan benar," tuturnya.


Menurut Waldjinah, apa yang dilakukannya dalam festival Tong-Tong ini sangat bermanfaat untuk perkembangan musik keroncong. Meski musik keroncong sudah mulai digemari oleh anak muda, namun tetap saja, musik khas Indonesia ini harus terus dilestarikan dan dikembangkan.


"Pentas di Belanda ini bagian dari menunjukkan bahwa musik keroncong milik Indonesia. Bukannya musik keroncong milik Malaysia. Musik keroncong juga akan mati kalau tidak dilestarikan, " jelasnya.