Melekatkan Badui Dalam Gaya




Koleksi tas etnik di Rumah Lekat (VIVAnews/Marlina Irdayanti)




Koleksi tas etnik di Rumah Lekat (VIVAnews/Marlina Irdayanti)



VIVAlife - Ingin membeli baju, sepatu, tas dan aksesori bernafas etnik modern dalam satu tempat? Rumah Lekat bisa jadi pilihan. Terletak di Kemang Timur 16 No 20, Jakarta Selatan, label yang digawangi oleh Amanda Lestari atau akrap disapa Mandy ini menyediakan busana siap pakai hingga aksesori yang dihadirkan bernuansa etnik dari tenun Badui.

Nama Rumah Lekat, menurut Mandy dia gunakan agar busana dan aksesori rancangannya bisa selalu melekat di hati para pecinta mode Indonesia. Seperti arti dari kata lekat itu sendiri. Menempel.


"Pakaian dan aksesori itu kan sudah seperti pegangan ya buat wanita. Kalau punya uang, rasanya pengen beli saja," ujarnya seraya tertawa.


Badui menjadi materi utama untuk keseluruhan koleksinya. Tidak hanya tenun, tapi juga songket dan lurik. Meski begitu, sebagian koleksinya ada yang dipadu dengan linen. Memilih Badui, wanita berusia 26 tahun ini, tidak memiliki maksud khusus selain untuk memperkenalkan kekayaan Indonesia. Terlebih lagi, belum banyak orang yang tahu jika Badui juga memiliki tenun.


Secara garis besar, seluruh koleksi Mandy didesain dengan simpel lewat siluet modern, mulai dari rompi, celana pendek, rok, hingga terusan. Koleksi Mandy ini dapat digunakan di berbagai kesempatan, seperti ke kantor maupun saat jalan-jalan santai. Palet warna yang dipilih Mandy sangat bervariasi, mulai dari merah, biru, pink hingga hijau.


Desainer lulusan desain grafis di Universitas Pelita Harapan ini juga tidak mengkhususkan busananya dengan tema tertentu. Menurutnya, ia ingin membuat busana yang memang bisa digunakan di berbagai kesempatan. Selain busana, ia juga menawarkan berbagai koleksi sepatu, tas dan berbagai aksesori.


"Pengen buat one stop shopping. Jadi semua bisa dibeli disini, disesuaikan di sini," ujarnya.


Kisaran harga yang ditawarkan cukup terjangkau, mulai dari Rp350 ribu sampai dengan Rp1,2 juta untuk busana. Sementara tas mulai Rp1,2 juta hingga Rp2,5 juta, dikarenakan proses pembuatannya yang rumit. Sedangkan untuk sepatu dan sandal dijual mulai Rp 550 ribu.


Selain di butik khususnya di Kemang, koleksi Rumah Lekat juga bisa didapatkan di Alun-alun Grand Indonesia, Debenhams Lippo Kemang Village, dan The Foundry 8. (eh)