Satu Per Satu Personel Boyband dan Girlband Indonesia Hengkang




Kelompok musik vokal Coboy Junior menghadiri konferensi jelang konser perpisahannya bertajuk (VIVAnews/Muhamad Solihin)




Kelompok musik vokal Coboy Junior menghadiri konferensi jelang konser perpisahannya bertajuk (VIVAnews/Muhamad Solihin)



VIVAlife - Menengok kembali ke tahun 2010, ketika SM*SH dan 7-Icons seolah membuka gerbang kejayaan bagi sekumpulan pria dan wanita yang menari energik sambil bernyanyi di atas panggung.


Seketika saja, Cherrybelle, XO-IX, Coboy Junior, Princess, serta beberapa boyband dan girlband lainnya bermunculan. Menyerbu panggung Tanah Air.


Gaya mereka punya ciri khas, meski Korean Style masih menjadi kiblatnya. Musik dan koreografi yang energik mereka pun mampu diterima masyarakat dan meledak.


Namun, seiring berjalannya waktu, eksistensi mereka mulai tenggelam. Satu per satu, anggota personel mereka meninggalkan grup yang telah membesarkan namanya. Berikut boyband dan girlband yang mulai kehilangan personelnya.



Coboy Junior


Teuku Ryzki (Kiki), Alvaro Maldini (Aldi), Bastian Simbolon (Bastian), dan Iqbaal Dhiafakhri (Iqbal), mengejutkan penggemar mereka saat menggelar konser bertajuk Farewell. Konser perpisahan yang berlangsung pada 23 Februari 2014 itu, menjadi konser terakhir Coboy Junior bersama Bastian.


Ia memutuskan hengkang dari boyband yang telah membesarkan namanya tanpa alasan.


"Nggak ada alasan, memang sudah jalannya Tuhan. Karena, kalau nggak jalan Tuhan, ini semua nggak mungkin terjadi. Dan, ini yang terbaik buat aku," ujar Bastian saat konser perpisahan berlangsung.


Ia telah mengajukan surat pengunduran diri sejak Januari lalu. Keputusan Bastian sudah tak bisa diganggu gugat. Ketiga personel Coboy Junior yang tersisa, Iqbal, Kiki, dan Aldi hanya bisa pasrah.


SM*SH


Sempat memutuskan vakum dari dunia musik untuk meneruskan kuliahnya, Morgan Oey kembali dengan kabar mengejutkan. Ia memutuskan hengkang dari boyband yang telah membesarkan namanya pada 25 September 2013. Kabar tersebut tidak hanya mengejutkan para penggemar SM*SH, tapi juga keenam personel lainnya.


Sebab, tidak ada konflik internal yang terjadi sebelumnya. Namun, diakui Morgan, keputusannya untuk hengkang sudah lama terpikirkan. Hal tersebut muncul setelah ia mulai merasa nyaman berkarier di dunia akting.


"Saya nggak pernah mengucapkan vakum secara langsung kepada media, saya waktu itu belajar. Dan, kini, saya ingin fokus ke karier akting," ujarnya saat mengadakan jumpa pers pada 2 Oktober 2013.


Princess


Mengikuti jejak kesuksesan boyband dan girlband yang sudah ada, Kevin Aprilio pun membentuk Princess. Sayangnya, belum lama terbentuk, girlband ini harus kehilangan salah seorang personelnya pada 2012. Alika memutuskan hengkang karena tak mampu mengikuti jadwal kesibukan Princess.


Mundurnya Alika dari Princess karena mantan penyanyi cilik tersebut merasa ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan visi serta misinya. Salah satunya adalah rencana Princess bermain sinetron. Posisi Alika pun digantikan oleh Patricia Davina.


Satu tahun setelah alika Hengkang, Rachel pun memutuskan hal yang sama. Alasan keluarnya Rachel dari girlband yang membesarkan namanya itu adalah karena ingin melanjutkan pendidikannya untuk kuliah S2.



Cherrybelle


Usia Wenda dan Devi yang tidak lagi muda, membuat mereka harus rela dikeluarkan dari girlband yang telah membesarkan namanya. Keputusan produser mengeluarkan mereka pun disambut tangis histeris personel lainnya saat mengadakan jumpa pers April 2012. Posisi mereka diganti oleh Kezia dan Stefany.


Satu tahun setelahnya, girlband ini pun kembali ditinggalkan personelnya. Annisa Rahma memutuskan hengkang dari grup tersebut. Ia resmi keluar pada 18 Oktober 2013. (art)