Sebelum Meninggal, Tata Dado Ingin Kembali Manggung




Tata Dado (Lovelytoday.com)




Tata Dado (Lovelytoday.com)



VIVAlife- Meski telah berjuang melawan stroke dan diabetes cukup lama, komedian senior Tata Dado tak pernah mengeluh. Menurut penuturan dua sahabatnya, Inggrid Widjanarko dan Debby Sahertian, Tata masih tetap bersemangat meski tergolek lemah.


Binar matanya tak menampakkan seperti orang yang sedang sakit. Walaupun sulit berkomunikasi, Tata tetap mencoba berusaha bicara, pada setiap orang yang menjenguknya.


Bahkan, sebelum meninggal, bintang Lenong Rumpi itu sempat berandai-andai jika dirinya sembuh nanti. Hal pertama yang ingin dilakukan, adalah kembali ke panggung hiburan untuk bekerja sebagai entertainer.


"Dia bilang, 'Ayo kerja lagi, tunggu sampai saya sembuh'. Semangat sekali, katanya, 'Kalau sembuh saya show lagi ya'," kata Debby menceritakan keinginan Tata sebelum meninggal.


Saat ditemui di rumah duka, kawasan Bekasi, Deby juga bercerita, Tata sama sekali tak terlihat sedih dengan kondisinya.


Sayang, harapan itu harus pupus. Alih-alih sembuh dan kembali manggung, Tata justru menghembuskan nafas terakhir di kediamannya, kemarin sore, 18 Maret 2013. Kepergiannya menyisakan duka di dunia pentas hiburan Indonesia.


Inggrid juga menuturkan, Tata dikenal sebagai sosok yang setia kawan. "Selalu memberi motivasi ke teman-temannya. Kalau ada yang mau mulai berkarier, dia beri saran sampai baju-baju," ujarnya.


Debby juga selalu ingat, Tata selalu menghargai orang-orang yang berjasa dalam hidupnya. Ia tak pernah lupa menyebutkan nama-nama yang membantunya dalam berkarier. Tak hanya itu, ia pun selalu menaruh dukungan, pada banyak anak didiknya.


"Dia tidak mudah putus asa. Yang utama, dia sangat tekun menjalani apa yang dia rintis," kata Debby. (eh)