Alasan Penyanyi Keroncong Legendaris Ini "Jatuh Cinta" kepada Joko




Waldjinah (VIVA/Fajar Sodiq Solo)




Waldjinah (VIVA/Fajar Sodiq Solo)



VIVAlife - Seniman keroncong yang dikomandoi oleh biduan senior Waldjinah menyerahkan dukungan kepada capres Jokowi. Dukungan diberikan dengan alasan Capres nomor dua itu peduli dengan keroncong.

Waldjinah menceritakan dukungan untuk Jokowi tidak terlepas dengan peristiwa 9 September 2009 lalu. Saat itu, Jokowi ketika memimpin Kota Solo mengukuhkan Kota Solo sebagai kota keroncong. Selain itu Jokowi juga menggagas Solo Keroncong Festival. Dengan kebijakan itu memperlihatkan Jokowi peduli dengan keberadaan dan pelestarian musik keroncong.


"Oleh sebab itu lah, kami mendukung Pak Jokowi. Dengan harapan Pak Jokowi bisa melanjutkan pelestarian musik keroncong. Karena dukungan dari pemerintah untuk pelestarian keroncong sangatlah penting. Pelestarian keroncong itu perlu agar musik ini tidak punah atau malah diklaim bangsa asing," ungkap pelantun Walang Kekek ini kepada VIVAlife, Rabu 2 Juli 2014.


Dijelaskan Waldjinah, pelestarian keroncong secara konkret adalah memperbolehkan musik keroncong menggema di Istana Negara. Karena sejak jaman Soekarno hingga Gus Dur, musik keroncong selalu digunakan untuk menghibur tamu negara. Tradisi itu sempat berhenti saat jaman Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono.


"Karena menggunakan musik keroncong sebagai hiburan tamu negara juga bisa menunjukkan bahwa musik ini adalah milik bangsa kita. Ya, nanti yang nyanyi di Istana Negara tidak harus saya. Siapa saja penyanyi keroncong bisa nyanyi di Istana Negara," harap penyanyi kelahiran tahun 1945 itu. (adi)